5.708 Mahasiswa Baru Padati Gor Volly Ikuti PKKMB UIR 2024

5.708 Mahasiswa Baru Padati Gor Volly Ikuti PKKMB UIR 2024
Ribuan mahasiswa baru UIR mengikuti PKKMB 2024. Kegiatan dibuka Rektor UIR, Prof Dr Syafrinaldi. (Foto: humas UIR)

WARTASULUH.COM, PEKANBARU - Menyambut 5.708 mahasiswa baru TA 2024/2025, Universitas Islam Riau (UIR) gelar Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Rabu (10/09/2024) di Gor Volly Indoor UIR. 

Mahasiswa dari sembilan fakultas program Srata 1 (S1) tersebut antusias ikuti jalannya PKKMB yang berlangsung selama total tiga hari, hari pertama pada tingkat universitas, sedangkan dua hari kedepan akan berlangsung di Fakultas dan Program Studi. 

Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL dalam sambutan membuka jalannya PKKMB, mengucapkan selamat datang di kampus Islam berkelas dunia dan selamat bergabung menjadi keluarga besar UIR.

"Selamat datang kami ucapkan kepada adik-adik mahasiswa baru dan selamat bergabung menjadi keluarga besar UIR, universitas islam berkelas dunia berbasis dan takwa," ucap Rektor. 

Prof Syafrinaldi turut memperkenalkan seluruh pimpinan fakultas, unit dan biro selingkungan UIR. Raihan prestasi maupun capaian juga sekaligus disampaikan. 

"Guna menunjang peningkatan kualitas akademik dan mutu pendidikan, UIR selalu memenuhi sarana dan prasarana belajar yang maksimal, rekognisi QS Star bintang 3 dari lembaga rekognisi pendidikan internasional Quacquarelli Symonds (QS)," ujar Prof Syafrinaldi. 

Selanjutnya, selama satu hari penuh mahasiswa baru akan disajikan berbagai materi dan motivasi dari sivitas akademika UIR serta narasumber terkait pengenalan sistem akademik, bela negara, dan pengenalan etika dan berbudaya kampus. 

"Sebagai seorang mahasiswa ananda sekalian harus lah berkomitmen untuk menjaga nama baik, baik sebagai seorang laki-laki maupun perempuan, jauhi perbuatan yang maksiat dan dilarang agama serta ingat dan berbakti lah kepada orang tua," ungkap Prof H Abdul Somad Batubara Lc D E S A PhD dalam sambutannya. 

Dalam kegiatan yang sama pada bagian akhir terdapat sesi pengenalan Organisasi Mahasiswa se lingkungan UIR seperti BEM UIR, Mapala, Aklamasi, KSR - PMI, dan bermacam UKM pengembangan skill dan olahraga. Di luar area Gor Volly juga terdapat stand bazaar UMKM dan UKM. 

Turut hadir Ketua Umum YLPI Riau Prof Dr H Nurman MSi, Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Ig. Widi Nugroho, ST MIKom, Wakil Rektor (WR) I Dr Syafhendry MSi, WR II Dr Firdaus AR SE MSi AkCa, WR III Dr Admiral SH MH serta segenap pimpinal Fakultas dan Biro yang hadir.(rls)