Jika Lebihi Kuota, Unri Terapkan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri PBUG/PBM 2024/2025

Jika Lebihi Kuota, Unri Terapkan Nilai UTBK untuk Seleksi Jalur Mandiri PBUG/PBM 2024/2025
Tes Universitas Riau

WARTASULUH.COM- Universitas Riau (Unri) mengambil langkah dalam proses seleksi calon mahasiswa jalur Mandiri dengan memberlakukan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk pertama kalinya pada tahun ajaran 2024/2025.

Kebijakan ini berlaku baik untuk kategori Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) maupun Penelusuran Bakat dan Minat (PBM), di mana nilai UTBK akan menjadi penentu utama kelulusan calon mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unri, Dr Mexsasai Indra SH MH mengungkapkan, pendaftaran mahasiswa baru jalur mandiri PBUD dan PBM sedang berlangsung dan akan berakhir pada 14 Juli mendatang.

Pelaksanaan UTBK dijadwalkan pada 17-23 Juli di dua kampus Unri, Panam dan Gobah.

"Tahun ini, kita menerapkan UTBK untuk jalur mandiri PBUD dan PBM. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Nilai UTBK nantinya akan kita gunakan sebagai dasar penentu akhir kelulusan," ujar Dr Mexsasai, Minggu (23/6/2024).

Untuk seleksi jalur PBUD, kelulusan ditentukan berdasarkan hasil UTBK yang dinilai menggunakan metode CEEB (College Entrance Examination Board). Data hasil ujian akan dirangking berdasarkan keterwakilan wilayah dan sekolah.

Sementara itu, jalur Mandiri PBM mengutamakan prestasi di bidang Olahraga, Seni, Lomba Ilmiah (Olimpiade Science), dan Hafidz Quran, sesuai dengan Peraturan Rektor Unri nomor 9/2024.

Jika jumlah pendaftar melebihi kuota daya tampung PBM, nilai UTBK akan digunakan sebagai kriteria penentu akhir kelulusan.

Perubahan sistem seleksi ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Komisi Pemberantasan Korupsi nomor 9/2023 tentang Perbaikan Tata Kelola Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Jalur Mandiri dan Peraturan Mendikbudristek nomor 48/2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru program Diploma dan Strata 1 di Perguruan Tinggi Negeri.

Mengutip arahan Rektor Unri, Prof Dr Hj Sri Indarti SE MSi, Dr Mexsasai menekankan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proses penerimaan mahasiswa baru.

“Bu Rektor mewanti-wanti, agar masyarakat jangan percaya pada pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan di luar prosedur yang sudah ditetapkan Unri, karena kita menginginkan agar input penerimaan mahasiswa baru untuk anak-anak daerah ini bisa lebih baik dan berkualitas,” tegasnya.

Adapun ketentuan dan persyaratan peserta seleksi jalur Mandiri PBUD dan PBM meliputi Warga Negara Indonesia (WNI) lulusan tahun berjalan yang memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dari sekolah (SMA/SMK/MA sederajat) yang memiliki NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) di Provinsi Riau.

Khusus untuk Fakultas Perikanan dan Kelautan, Unri juga membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa dari provinsi lain di wilayah Sumatera.